Sabtu, 31 Desember 2011

kebingungan hidup menjelang "tahun baru"

dialog 1 (pada suatu malam minggu menjelang isa di penghujung bulan november, lokasi: angkot, di dalemnya ko, bukan di atasnya)

mba      : itu orang-orang lagi pada ngapain si pada pake putih-putih bawa obor?
saiah     : oh....taun baruan, mb'... maghrib ini kan masuk 1 muharram.
mba      : ooohhhh (lebih panjang oh-nya) ... saiah ko ga tau ya.. 
              hmmm... emang taun baru mulainya magrib ya?... (sambil nyengir cuek)
saiah     :    ........!@#$%^&*(@#$%^........... 
              (bingung, ga ngerti kenapa ada orang muslim yang ga tau taun barunya sendiri)

dialog 2 (pada suatu malam minggu menjelang isa di penghujung bulan desember, lokasi: jalan antah berantah)

saiah    : ni orang pada ngapain si, bawa-bawa terompet, menuh-menuhin jalan aja?
mba     : taun baruan lah sai (panggilan buat saiah maksudnya..), masa ngamen berjamaah?
saiah    : kirain, sekalian.... (sambil nyengir, cuek)
mba     : .........!@#$%^&*()_)(*.......
             (tampang bingung... kenapa ada makhluk yang ga inget kl besok 1 januari)

dialog 1 saiah bingung. dialog 2, si mba'nya yang bingung
2 dialog, kalian bingung? he13x...

saiah muslim, si mba-nya juga muslim... kenapa masing-masing bisa beda taun barunya coba?....

emang super aneh saat ternyata sekarang sekalipun sama-sama muslim, satu tuhannya: Allah, satu Rasulnya: Muhammad saw, tapi taun barunya beda, kayak yang tinggal di planet yang beda aja...

padahal dah jadi kesepakatan (ijma') sahabat, saat Umar ra, yang waktu itu menjabat sebagai Khalifah menetapkan 1 muharram sebagai awal penanggalan buat kaum muslimin... kenapa juga kaum muslimin masih nyari-nyari dan ngikutin ummat lain buat nentuin tanggal? karena ternyata urusan ini ga bisa dianggap sepele yang "gitu doang".

nentuin tanggal dalam islam, bukan sekedar buat tahu kapan gajian..he13x.. tapi berkaitan sama ibadah kita... beda sehari aja yang halal jadi haram, yang haram jadi halal.
nentuin kapan mulai puasa ramadhan, kapan lebaran, kapan wukuf di arafah, dll, termasuk kapan taun baru buat kaum muslimin... semuanya mesti pake penanggalan hijriyah, sodara-sodara... bukan kalender masehi!!!

dan kalo kita balik ke urusan taun baruan... mesti lebih waspada lagi, karena urusannya bisa lebih ribet lagi kalo sampe kita juga ikut-ikutan segala ritual menyambut taun baru masehi....
bukankah Rasulullah saw dah mewanti-wanti:

"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan itu". (HR. Abu Daud)

berabe banget kan kalo nanti di akhirat, kita ga diakuin jadi ummatnya Muhammad saw, karena kita dah dinilai termasuk goolongan umat lain? ummat yang menyia-nyiakan waktu dalam ritual meniup terompet berjamaah setiap tengah malam 31 desember? na'udzubillahi min dzalik...

jangankan pergantian taun baru masehi, bahkan pergantian tahun baru hijriyah pun, kita ga pernah diajarin buat merayakannya, yang diajarkan para sholihin adalah berdoa saat pergantian tahun, akhir dan awal tahun... ga ada ritual perayaan apapun. karena jelas buat kaum muslimin, hari raya itu hanya dua: iedul fitri dan iedul adha:

“Ketika Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, penduduk Madinah memiliki dua hari raya yang mereka bermain-main di hari raya itu pada masa jahiliyyah, lalu beliau bersabda: ‘Aku datang kepada kalian sedangkan kalian memiliki dua hari raya yang kalian bermain di hari itu pada masa jahiliyyah. Dan sungguh Allah telah menggantikannya untuk kalian dengan dua hari yang lebih baik dari keduanya, yaitu hari raya Idul Adha dan idul Fitri.’” (HR. Ahmad, Abu Daud, An-Nasa’I, dan Al-Baghawi)

so... jangan terjebak kawan!!!... tak ada yang istimewa dalam pergantian waktu dari tanggal 31 desember menuju 1 januari, kecuali keistimewaan bahwa Allah masih menyediakan waktu kita untuk beramal kebaikan, penambah bekal kehidupan kita yang hakiki kelak di akhirat...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar